Sabtu, 27 November 2010

Sekolah dan Peradaban

Peradaban bangsa yang tinggi dan sejahtera tergantung kualitas pendidikan bangsa tersebut. Pendidikan cakupannya luas meliputi pendidikan di sekolah, keluarga, masyarakat, tempat kerja dan lain sebagainya. Di sekolah, proses pendidikan bisa dikontrol, diawasi, dinilai dan diintervensi oleh pihak diluar sekolah. Baik itu oleh pemerintah, praktisi pendidikan dan wali murid. Berbeda dengan pendidikan dalam keluarga yang secara dominan diatur orangtua. Maupun di tempat kerja yang dipimpin oleh direktur atau manajer.
Ketika sekolah diperhatikan banyak pihak, harapannya proses pendidikan menjadi bagus dan mencetak pribadi-pribadi yang mengesankan dunia. Inilah tantangan sekolah sesungguhnya yaitu bagaimana cara dan strategi mewujudkan cita-cita tersebut dengan segala sumberdaya dan fasilitas.
Ukuran peradaban tinggi dan sejahtera bukan hanya peradaban barat dengan teknologinya itu. Namun lebih substantif yaitu moral dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai religi. Sekolah yang bervisi dan yang bersungguh-sungguhlah yang mampu mencetak pribadi-pribadi pencerah peradaban. Bagaimana dengan sekolah-sekolah kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar